Begini Trik dan Tips Merebus Kacang Hijau Agar Empuk

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan kacang hijau? Tentu saja kita semua sudah sangat mengenal betul dengan jenis kacang yang berukuran mungil ini. Ya, pada umumnya kacang hijau kerap diolah menjadi bubur atau dijadikan bahan isian untuk berbagai jenis kuliner, seperti onde, klepon, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, bahkan tak jarang pula kacang hijau ini dijadikan segelas minuman yang menyegarkan dan menyehatkan. Namun sayang, ternyata masih ada sebagian masyarakat yang belum paham mengenai cara merebus kacang hijau dengan benar.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan cara seputar tips merebus kacang hijau yang empuk. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Tips Merebus Kacang Hijau

  • Sebelum merebus, sebaiknya kacang hijau direndam terlebih dulu dalam wadah yang berisi air selama 4 jam
  • Jika sudah demikian, panaskan air dalam panci sampai benar-benar mendidih
  • Setelah airnya mendidih, masukkan kacang hijau dan atur volume api ke tingkat sedang agar bisa matang secara merata dengan sempurna
  • Rebus kacang hijau dengan durasi 7 menitan, kemudian tutup pancinya dan diamkan selama 30 menit
  • Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan?

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

1. Dapat Melindungi Janin Dalam kandungan

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kacang hijau menjadi salah satu jenis kacang-kacangan yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Hal itu bukan tanpa alasan, karena kacang hijau kaya akan asam folat.

Nah, asam folat tersebutlah yang nantinya berperan menjadi nutrisi sehingga dapat melindungi janin dalam kandungan. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, asam folat pada kacang hijau ini mampu mengurangi risiko bayi terkena cacat saraf lho.

2. Mampu Mengurangi Gejala Anemia

Menurut para pakar Kesehatan, menyebutkan bahwa seseorang yang kurang mendapatkan asupan zat besi harian berpotensi mengalami penyakit anemia (kekurangan darah). Adapun mengenai beberapa gejala anemia yang umumnya terjadi, seperti tubuh terasa lemah, lesu, dan kepala terasa pusing.

Tentu saja kondisi tersebut bisa menghambat kegiatan sehari-hari kita. Oleh karena itu, kacang hijau merupakan salah satu solusi paling tepat untuk mengurangi gejala anemia karena didalamnya terkandung zat besi yang cukup tinggi.

3. Mencegah Sembelit & Memperkuat Tulang

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang sering mengalami masalah sembelit dan susah buang air besar? Jika iya, maka kamu wajib mengonsumsi kacang hijau secara rutin dan teratur.

Pasalnya, kacang hijau mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi dan berfungsi untuk mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar. Lebih dari itu, bahkan kacang hijau sudah terbukti dapat membantu proses pembuangan racun dalam saluran pencernaan.

Selain dapat mencegah sembelit, ternyata kacang hijau juga diperkaya dengan kandungan kalsium yang berguna untuk membantu memperkuat struktur tulang lho.

4. Memelihara Kesehatan Mata

Tak banyak yang tahu bahwa kacang hijau memiliki manfaat untuk memelihara Kesehatan mata. Padahal, kacang hijau mempunyai kandungan karotenoid yang mampu memncegah degenerasi macula pada mata bagian dalam.

Degenerasi macula itu sendiri biasanya dialami oleh orang yang sudah lanjut usia (lansia). Ciri khas dari degenerasi macula ini ditandai dengan beragam gejala, seperti penglihatan yang sudah kabur saat membaca, menulis, atau melihat objek tertentu.

Tak hanya memelihara kesehatan mata, bahkan mengonsumsi kacang hijau juga diyakini dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Leave a Comment