Simak Tips Perbaikan Pintu Berikut, Sebelum Memanggil Jasa Service Pintu Rumah  

Pintu rumah merupakan produk yang biasanya tahan lama. Namun perlu diperhatikan, bahwa pasti ada saja masalah yang terjadi pada pintu rumah. Pintu digunakan sebagai jalur keluar masuk para penghuni. Bayangkan jika pintu mengalami masalah, tentu sangat mengganggu para penghuni rumah. Sebelum menggunakan jasa service pintu rumah, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa perbaikan yang bisa coba dilakukan secara mandiri. Simak berikut ini.

1. Pintu Rumah Alami Gesekan ke Lantai

Yang pertama biasanya pintu rumah mengalami masalah yaitu menggasak lantai. Hal ini cukup mengganggu para penghuni, karena ketika pintu dibuka atau ditutup akan mengalami bunyi dan juga jika dibiarkan akan membuat lecet pada lantai atau kusen.

Jika Anda memiliki pintu dari bahan kayu seperti triplek misalnya, gesekan pintu ke lantai akan membuat lapisannya terkelupas. Besarnya gesekan terjadi karena deformasi sambungan atau engsel aus atau lepas. Bisa juga terjadi karena pintu kayu yang mulai memuai.

Cara perbaikannya adalah dengan mencopot atau mengasah bagian pintu yang bersentuhan ke lantai.

2. Pintu Rumah Merenggang

Sebelum memanggil jasa service pintu rumah, bisa lakukan perbaikan terlebih dahulu untuk pintu rumah yang mengalami renggang. Pintu rumah mengalami renggang atau retak karena terjadi penyusutan, ini sering terjadi pada pintu panil karena volume papan mengalami susut dan membuat pintu tak menyatu kerangka.

Penyusutan sering disebabkan karena penggunaan kayu yang basah atau belum kering untuk bahan pembuatan pintu rumah. Untuk perbaikannya yaitu dengan mencopot pintu panil lalu di olesi papan kayu dengan lem. Juga melakukan penambalan untuk jenis kayu yang sama. Namun jika renggang yang terjadi tidak terlalu parah maka Anda bisa melakukan pendempulan.

3. Pintu Rumah Mengeluarkan Bunyi Decitan

Masalah lainnya yang juga timbul pada pintu rumah adalah saat mengeluarkan decitan ketika didorong. Hal ini juga cukup mengganggu apalagi jika memiliki banyak anggota keluarga di rumah, jadi pintu lebih sering dibuka atau ditutup. Pintu yang mengalami decitan ini terjadi, akibat pelumas engsel dan rel yang mulai kering atau terjadi karat.

Untuk perbaikan pintu rumah yang alami diciptakan cukup mudah yaitu dengan memberikan minyak pelumas pada pintu rumah secara rutin di bagian engsel pintu dan rel. Pemberian pelumas ini bisa dilakukan dalam jangka waktu sebulan. Setelah diberi minyak pelumas, dorong bolak-balik pintu rumah agar minyak pelumas benar-benar meresap pada engsel pintu.

Itu tadi beberapa apa cara yang bisa dilakukan ketika pintu rumah Anda mengalami masalah. Untuk menghindari permasalahan pada pintu rumah, ketika membeli pintu sebaiknya pilih kayu yang tepat dan pastikan bahwa material kayu pada pintu memang benar-benar kering agar tidak mudah mengalami penyusutan. Pemilihan kayu yang berkualitas akan berpengaruh pada tingkat keawetan pintu sehingga tidak mudah mengalami masalah nantinya. Jika pintu rumah sudah mengalami rusak parah dan tidak bisa dilakukan perbaikan sendiri, maka wajib memilih jasa service pintu rumah.

Untuk pemilihan jasa tukang ini, ada baiknya mencari pada platform Sejasa untuk menemukan jasa tukang yang benar-benar profesional. Sehingga tukang bisa menangani perbaikan pintu rumah Anda agar bisa berfungsi seperti sedia kala. Selain jasa tukang, Sejasa menghadirkan jasa-jasa lainnya yang dibutuhkan masyarakat. Dari servis elektronik, jasa bersih-bersih sampai jasa salon. Informasi lengkap untuk Sejasa ini bisa Anda dapatkan lewat website resmi maupun aplikasinya.

Leave a Comment