5 Cara Merawat Headset Bluetooth Tetap Awet Tanpa Biaya

Sekarang ini semakin banyak orang yang lebih memilih headset bluetooth karena lebih praktis digunakan. Tidak adanya kabel membuat orang lebih mudah bergerak bebas, bahkan bisa menggunakan smartphone tanpa harus memegangnya.

Karena terlalu sering digunakan dan tidak tahu cara merawatnya, banyak yang mengeluhkan headset ini cepat rusak. Padahal, jika tahu cara merawatnya, aksesoris smartphone yang paling banyak dicari ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Nah, bagaimana cara menggunakan headset bluetooth agar lebih awet dan tahan lama?

  1. Hindari Penggunaan Saat Hujan

Headset jenis ini memiliki kerentanan yang sangat tinggi terhadap air. Di dalamnya terdapat baterai yang harus dihindarkan dari air. Tidak hanya saat hujan, jangan gunakan headset ini saat Anda bersentuhan langsung dengan air.

Air yang masuk ke dalam mesin headset akan mengganggu dayanya. Selain itu, air juga bisa merusak komponen lain di dalam mesin.

Kecuali jika memang ada jaminan bahwa headset Anda benar-benar bisa tahan terhadap air. Meski demikian, Anda tetap harus berhati-hati ketika menggunakannya. Karena pada setiap ujung headset selalu ada lubang yang bisa membuat air masuk dengan mudah.

  1. Simpan Setelah Pemakaian

Gunakan headset ini saat memang Anda benar-benar membutuhkannya saja. Setelah itu, simpan barang elektronik mungil ini ke dalam kotak, atau apapun tempat penyimpanan yang aman.

Jangan pernah menggunakannya saat Anda mau tidur. Karena pastinya headset tersebut akan tertindih, dan membuatnya lebih cepat rusak.

  1. Bersihkan Setelah Pemakaian

Seperti disinggung sebelumnya setiap headset memiliki lubang yang digunakan untuk mengeluarkan suara. Jika ada debu-debu yang masuk ke dalam lubang tersebut pastinya akan merusak mesin yang ada di dalamnya.

Karena itu, selalu bersihkan setiap kali selesai menggunakannya untuk menelepon, video call, bermain game, atau hanya mendengarkan musik. Bersihkan headset dengan menggunakan tisu biasa. Jangan menggunakan air headset memang rentan terhadap air.

  1. Isi Daya Secukupnya

Setiap barang elektronik akan lebih cepat rusak saat kelebihan beban daya. Kelebihan daya tersebut bisa diakibatkan karena kelamaan dalam mengisi daya. Begitu juga dengan headphone ini yang memiliki daya lebih kecil dibandingkan dengan barang elektronik lainnya.

Umumnya untuk mengisi daya dibutuhkan waktu mulai dari satu hingga satu setengah jam. Anda harus mengecek terlebih dahulu seberapa lama waktu yang dibutuhkan agar daya headset bisa full.

Pastinya ada indikator yang bisa Anda lihat apakah daya dari headset tersebut sudah full atau belum. Selain itu, jangan gunakan headphone ini saat sedang di-charge. Karena beban yang diberikan saat di-charge dan saat digunakan akan bertambah semakin besar, dan membuat alat ini cepat rusak.

  1. Jauhkan dari Jangkauan Anak

Anak-anak kecil punya rasa penasaran yang sangat tinggi. Ketika anak-anak yang masih balita melihat Anda memakai headset tersebut selalu ingin meniru dan mengiranya sebagai sebuah mainan. Headset yang dikiranya mainan biasanya diotak atik, dibanting, atau malah digigitnya.

Tidak sedikit headphone yang rusak karena dibuat mainan anak kecil. Kalau sudah dipegang mereka sering kali kita bingung bagaimana cara untuk mengambilnya kembali. Takut mereka menangis, ngambek, dan pastinya serba salah.

Sangat mudah dan tidak perlu dengan biaya yang mahal agar headset bluetooth Anda tetap awet. Yang paling penting Anda harus disiplin saat menggunakannya dengan rajin membersihkan, dan menyimpannya dalam kotak kecil. Itulah cara merawat headset agar Anda bisa menggunakannya dalam waktu yang lama.

Leave a Comment