5 Bumbu Masak yang Membuat Masakan Sedap Tanpa MSG

Bagi banyak ibu rumah tangga, terutama yang masih baru, MSG merupakan jalan pintas untuk membuat berbagai masakan terasa lebih mantap dan gurih. Sayangnya, penggunaan MSG dalam jumlah berlebihan justru berbahaya bagi keluarga. Sebagai gantinya, gunakan bumbu masak alami yang sehat.

Meskipun tambahan MSG mampu membuat masakan terasa lebih nikmat, sangat disarankan untuk mengurangi bahkan menghindari penggunaan MSG sama sekali. Tenang saja, ada beberapa bumbu alami yang akan membantu Anda membuat masakan yang nikmat meskipun tanpa tambahan MSG.

Trik Terbaik dalam Membuat Masakan Nikmat

Sebagai pengganti MSG alami, beberapa bumbu dan bahan berikut ini akan membuat berbagai masakan Indonesia terasa lebih mantap dan tentunya jauh lebih aman untuk dikonsumsi oleh keluarga dalam jumlah banyak.

  • Kombinasi gula dan garam

Penambahan gula serta garam dalam takaran yang pas akan membantu Anda memperoleh masakan dengan rasa yang kuat sehingga Anda tidak perlu menambahkan MSG ke dalam olahan makanan Anda. Selain itu, gula serta garam jauh lebih sehat dibandingkan dengan MSG.

  • Tomat memperkuat rasa masakan

Tomat juga memiliki kandungan glutamate alami dalam kadar yang tinggi serta mampu memberikan rasa yang sedap dalam masakan Anda. Tidak heran kalau tomat mendapatkan julukan MSG alami. Masukkan tomat ke masakan saat masakan sudah hampir matang secara sempurna.

Cara tersebut akan membuat masakan memiliki rasa yang lebih sedap. Selain itu, masakan dengan tambahan tomat juga akan terasa lebih segar. Tomat juga bisa dipanggang terlebih dulu. Tomat yang sudah dipanggang mampu memperkuat rasa berbagai hidangan.

  • Bawang putih

Bawang putih yang dihaluskan atau bawang putih geprek atau bahkan bubuk bawang putih merupakan bumbu masak andalan ibu-ibu rumah tangga di Indonesia. Untuk memperoleh bubuk bawang putih alami, Anda bisa memanggang bawang putih hingga kering lalu menumbuknya hingga halus.

  • Kepala dan kulit udang

Jangan buang kepala serta kulit udang karena kedua bagian tersebut adalah penyedap alami untuk masakan Indonesia. Dua bagian udang tersebut memiliki rasa gurih yang tidak ingin Anda lewatkan. Gunakan kepala serta kulit udang untuk membuat kaldu.

Sayangnya, 2 bagian terbaik udang tersebut mengandung kolesterol dalam kadar tinggi, jadi batasi penggunaannya. Anda juga bisa memanfaatkan udang rebon atau ebi untuk menggantikan peran MSG.

  • Kaldu dari ikan, ayam, maupun sapi

Kaldu juga merupakan penyedap rasa alami yang sangat sehat untuk digunakan di berbagai masakan. Kaldu yang paling sering digunakan merupakan kaldu ayam serta kaldu sapi. Anda bisa membuat kaldu alami di rumah dengan menggunakan bahan ayam atau tulang sapi.

Rebus bahan utama dalam waktu yang lama. Kaldu juga bisa disimpan di kulkas dan digunakan kapanpun Anda membutuhkan penyedap rasa alami. Sebelum menggunakan kaldu dari kulkas, pastikan Anda membuang lemak yang terbentuk di bagian atas kaldu.

Tempat Terbaik Mendapatkan Penyedap Rasa Alami

Udang, sapi, ayam, bawang putih, dan bahan-bahan masak serta bumbu masak alami yang aman dan sehat bagi seluruh anggota keluarga bisa didapatkan dengan mudah dari rumah dengan bantuan aplikasi TaniHub. TaniHub bisa diunduh di smartphone iOS dan android.

Gunakan aplikasi tersebut untuk memesan berbagai produk makanan dan bahan masakan. Pesanan belanjaan Anda akan datang ke rumah sehingga Anda tidak perlu berjalan jauh ke pasar maupun supermarket untuk memperoleh bahan yang segar dan sehat demi menjaga kesehatan keluarga.

Leave a Comment