Fakta Terbaru Seputar Vaksin Virus Corona, Kelompok Berikut Harus Menunggu Untuk Vaksinasi!

Sumber : totabuan.news

Vaksin virus Corona yang sudah ditunggu-tunggu oleh seluruh negara kini juga sudah hadir di Indonesia. Untuk diketahui, vaksin ini sudah tersedia 1,2 juta dosis di Indonesia dari Cina. Vaksin yang digunakan oleh Indonesia adalah vaksin Sinovac atau dengan nama asli vaksin Sinochem.

Nantinya pada tahun 2021 akan ada penambahan dosis 1,8 juta lagi yang akan hadir ke Indonesia. Namun sayang pendistribusian dan penggunaan vaksin ini belum bisa dilakukan, karena masih menunggu izin penggunaan dari BPOM. Masyarakat diminta untuk tetap bersabar dan mengikuti setiap berita update seputar vaksin covid ini.

Kelompok Tertentu Harus Sabar Terlebih Dahulu Untuk Mendapatkan Vaksin

Beberapa negara di dunia sudah mulai melakukan vaksinasi Covid-19. Kategori yang diutamakan adalah para lansia dan juga tenaga medis yang sangat rentan terhadap virus ini.

Namun ternyata ada beberapa kelompok yang harus lebih bersabar lagi menunggu untuk bisa mendapatkan vaksin. Salah satu alasan terbesarnya adalah karena punya riwayat alergi. Menurut Associate Profesor Lim Poh Lian selaku direktur unit isolasi tingkat tinggi di Pusat Nasional untuk Penyakit Menular, menyatakan kelompok tersebut adalah orang-orang yang punya respon terhadap rangsangan tertentu seperti misalnya sengatan lebah atau obat tertentu.

Untuk kategori reaksi alergi yang menyebabkan pembengkakan di sekitar wajah, hingga yang paling parah adalah mengalami kesulitan bernapas.  Dan penurunan tekanan darah serius maka sebaiknya menunda untuk penggunaan vaksin. Namun bagi yang tidak punya riwayat alergi maka disarankan untuk tetap mengikuti vaksinasi ini.

Kategori Kelompok Yang Harus Menunggu Vaksinasi

Ada beberapa kategori kelompok orang yang diharap bersabar dulu untuk menunggu sebelum dilakukan vaksin.

  • Kategori orang dengan alergi parah, disarankan bagi yang memiliki riwayat anafilaksis atau reaksi alergi parah yang muncul dengan cepat tidak menggunakan vaksin.
  • Kategori Ibu hamil, kategori yang harus menunggu dulu untuk mendapatkan vaksin adalah ibu hamil, hingga turun data studi untuk kondisi ini secara lengkap. Hal ini menyangkut agar berjalannya vaksinasi tetap lancar dan aman tanpa ada sesuatu yang parah terjadi. Dikatakan studi yang menunjukkan bahwa vaksin aman pada wanita hamil belum selesai dilakukan, jadi harap bersabar terlebih dahulu.
  • Kategori orang dengan sistem kekebalan tubuh terganggu, orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah juga tidak boleh langsung mendapatkan vaksin. Misalnya pada penderita leukimia atau termasuk juga orang-orang yang sedang menjalani transplantasi organ.

Demikian penjelasan seputar orang-orang yang belum boleh mendapatkan vaksin dalam waktu dekat, karena ditakutkan jika orang-orang kategori ini tetap mendapatkan vaksin maka akan mengalami efek samping yang parah. Anda sebaiknya memang tetap harus mengikuti pemberitaan seputar vaksinasi yang terus di-update,waspada juga terhadap vaksin palsu yang mungkin saja akan beredar dalam waktu dekat lewat oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Agar benar-benar tahu dan tidak mudah termakan hoax seputar vaksinasi ini yang pastinya banyak beredar di media. salah satu platform yang bisa anda percaya untuk mendapatkan informasi akurat mengenai vaksin Corona adalah Halodoc. Di Halodoc, anda tidak hanya akan mendapatkan informasi seputar vaksinasi dan virus Corona, tapi juga berita kesehatan lainnya yang akurat dan berimbang. Di platform ini, Anda juga bisa menyampaikan berbagai keluhan seputar kesehatan dan akan dijawab langsung oleh dokter yang ahli di bidangnya. Platform Halodoc, tidak hanya bisa anda akses melalui website saja tapi juga aplikasi yang bisa diunduh di PlayStore ataupun AppStore.

Leave a Comment